SAMBUT TIM VERIFIKASI PILAR 4 DAN 5 STBM PROVINSI NTB, BUPATI : TUNTAS STBM SAMA DENGAN MEMBANGUN PERADABAN

SAMBUT TIM VERIFIKASI PILAR 4 DAN 5 STBM PROVINSI NTB, BUPATI : TUNTAS STBM SAMA DENGAN MEMBANGUN PERADABAN

CDN, Sumbawa Barat — Tuntas Pilar 4 dan 5 Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebagai program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat telah berhasil dilaksanakan. Menindaklanjuti hal tersebut, Tim Verifikasi Pilar 4 dan 5 STBM Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melakukan kunjungan kerja dalam rangka memverifikasi kegiatan penuntasan Pilar 4 (Pengelolaan Sampah Rumah Tangga) dan Pilar 5 (Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga) STBM di Kabupaten Sumbawa Barat.

Dilansir dari Prokopim/rilis78/VII/2021. Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menyambut hangat kedatangan Ketua Tim Verifikasi Pilar 4 dan 5 STBM Provinsi NTB, Ir. H. Ahmadi beserta rombongan di Central Kediaman Bupati Sumbawa Barat pada, Jum’at malam (09/07/2021).

Ir. H. Ahmadi selaku Ketua Tim Verifikasi dalam sambutannya mengapresiasi sinergisitas Pemerintah Daerah dengan semua pihak serta masyarakat hingga lini terkecil sehingga KSB menjadi satu-satunya daerah di NTB yang menuntaskan Pilar 1 sampai Pilar 3 STBM.

Menurut Ir. H. Ahmadi, upaya menuntaskan pilar-pilar STBM tidak semudah membangun infrastruktur. Penuntasan ke-5 pilar STBM merupakan hal yang sangat sulit dilakukan dan tidak semua kabupaten yang bisa berhasil tuntas 100%. “Alhamdulillah KSB ini bisa menuntaskan 3 Pilar STBM 100%. Mudah-mudahan dari hasil verifikasi kami ini, bisa merubah kelima pilar itu menjadi 100%”, kata Ketua Tim Verifikasi.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM mengungkapkan bahwa sejak tahun 2017 KSB telah dinyatakan sebagai Kabupaten ODF (Open Defecation Free), hal tersebut mampu dituntaskan pada program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat tahun 2016. Oleh sebab itu tekad pemerintah untuk menuntaskan semua pilar STBM semakin kuat. “Menuntaskan pilar-pilar STBM sama dengan kita membangun peradaban. Ini membangun karakter, membangun kebiasaan bukanlah hal yang mudah dan sederhana. STBM ini sangat penting. Saya lebih fokus kepada keberlangsungannya nanti. Jadi diawal ini tidak ada uang sepeserpun dari APBD untuk dilakukan STBM ini. Kita harus membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan melalui pilar-pilar STBM, kemudian khusus untuk Pilar 4 dan Pilar 5 ini Aparatur Sipil Negara dan Pegawai Tidak Tetap menjadi ujung tombak di lapangan. Saya berharap, peradaban yang kita impikan insya allah akan tercapai”, jelas Bupati.

Hadir dalam kesempatan ini Penjabat Sekretaris Daerah KSB, Wakil Ketua DPRD KSB, Kepala Dinas Kesehatan KSB, Ketua TP. PKK KSB, serta Kepala OPD terkait.(cdn.wan)