Ketua TP PKK Taliwang Canangkan Program Marisa Lawan Stunting

Sumbawa Barat, CDN- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Taliwang, Jawariah Aku Nur Rahmadin, S.Pd. pada Senin pagi (26/04/2021), di Halaman Kantor Camat Taliwang memberikan sambutan pada acara Panen Perdana Sayur Selada Hidroponik sekaligus dirangkaikan dengan Louncing Program Marisa Melawan Stunting.

Jawariah Aku Nur Rahmadin mengatakan bahwa kegiatan ini adalah inisiatif dari teman-teman TP PKK Kecamatan Taliwang sekaligus menjalankan program yang telah dicanangkan oleh Pokja 3 TP PKK Kecamatan Taliwang.

Pada media ini, Jawariah diselah-selah acara mengatakan bahwa kegiatan ini adalah contoh untuk diikuti oleh para ibu-ibu dan warga masyarakat yang ada di Kecamatan Taliwang. “Pemanfaatan pekarangan dengan menanam sayur mayur menggunakan cara hidroponik dapat memberikan manfaat yang luar biasa. Baik untuk keasrian lingkungan juga kegiatan ini baik untuk gizi keluarga”, pungkas Jawariah.

Kegiatan TP PKK Taliwang hari itu sekaligus melaouncing program Masyarakat Gemar Ikan dan Sayur yang disingkat Marisa. Marisa sendiri adalah program TP PKK Taliwang untuk melawan Stunting.

Baca Juga  Ikatan Keluarga Lombok Merasa Nyaman Dibawah Kepemimpinan H. Firin

Marisa harus dikembangkan dan dimasyarakatkan, dalam artian Marisa akan menjadi budaya dan tradisi masyarakat. “Marisa akan menjadi kebutuhan dan menjadi penolong masyarakat dari ancaman Stunting, Marisa bagi sebagian pihak atau kalangan elit sangat mudah didapatkan, itu dikarenakan mereka memiliki uang cukup. Namun pertanyaan adalah bagaimana bagi keluarga pra sejahtera atau keluarga miskin, tentu mereka tidak bisa sepenuhnya memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Maka dengan memberikan contoh dan melakukan pendekatan langsung pada masyarakat insyaAllah Marisa juga akan hadir ditengah-tengah keluarga miskin”, beber Jawariah.

Hari ini kami telah memberikan contoh dan edukasi bagi masyarakat. Setiap warga masyarakat yang datang ke Kantor Camat pasti akan melihat sayur selada yang kami tanam menggunakan sistem hidroponik. Selain itu, kami juga akan mensosialisasikan pemanfaatan lahan pekarangan sekaligus membawa Marisa pada masyarakat. Lanjut Jawariah, Dirinya pada kesempatan itu tidak lupa mengucapkan terimakasih pada Dinas Ketahanan Pangan yang telah mendampingi para ibu-ibu PKK mengembangkan program tanam sayur menggunakan cara hidroponik.

Baca Juga  249 Orang Berhak Ikut SKB, Tes SKB Masih Menunggu Jadwal Dari Panselnas

“Terimakasih saya sampaikan pada Dinas Ketahanan Pangan yang telah hadir memberikan bimbingan dan bantuan pada kami. Banyak hal yang telah mereka lakukan sehingga program ini dapat berjalan sesuai rencana. Saya berharap kedepan, Ketahanan Pangan terus bermitra dan membantu TP PKK Kecamatan Taliwang”, tutup Jawariah Aku Nur Rahmadin, S.Pd., M.Pd.

Sementara ditempat yang sama, Kepala Kecamatan Taliwang, Aku Nur Rahmadin me jelaskan pada para tamu undangan bahwa ibu-ibu TP PKK Kecamatan Taliwang sangat kreatif. Dirinya sanfat memuji kekompakkan dari TP PKK Kecamatan Taliwang yang bisa memanfaatkan waktu luang untuk berbuat bagi sesama.

Kepala Kecamatan yang dikenal dengan program Takotanya (Taliwang Kota Tertata) akan mendukung sepenuhnya program ibu-ibu PKK. “Tidak ada rotan akar pun jadi, semua program ibu-ibu PKK bisa sukses dan terlaksana karena kekompakkan dan gotong royong. Hampir tidak ada anggaran dalam semua kegiatan, namun karena keinginan yang kuat dan rasa ingin berbagi akhirnya semua ini dapat terlaksana”, ujar Madin.

Baca Juga  Sukses Tuntaskan Empat Jalan Utama Kehidupan

Selain itu, Aku Nur Rahmadin mengatakan bahwa dirinya bersama para Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Taliwang tiap hari bekerja untuk menuntaskan program daerah yaitu program STBM (menuntaskan pilar 4 dan pilar 5).

Kegiatan Panen Perdana Sayur Selada Hidroponik dan Louncing Program Marisa Melawan Stunting dengan tema “Menikmati Suasana Desa di Kota” dibuka resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST. Setelah resmi dibuka oleh Wabup, Kemudian acara dilanjutkan dengan memetik sayur selada hidroponik yang ditanam oleh ibu-ibu TP PKK di halaman Kantor Camat Taliwang. (cdn.wan)