MTQ Ke XVII Tingkat Kecamatan Taliwang Selevel Tingkat Kabupaten

Sumbawa Barat, CDN- Musabaqoh Tilawatil Qur’an Ke XVII Tingkat Kecamatan Taliwang yang berlangsung di Kelurahan Bugis menarik perhatian publik dan mendapat apresiasi dari kalangan masyarakat Kelurahan Bugis.

Dari pantauan media ini dilapangkan, Jum’at malam (26/03/2021), antusiasme masyarakat sungguh luar biasa. Tanpa abai dan lalai akan protokol kesehatan, masyarakat dari berbagai wilayah yang ada di Kecamatan Taliwang menuju arena yang begitu indah, tertata apik di Kelurahan Bugis.

Seluruh stan kafilah dari berbagai desa dan kelurahan diisi oleh anak-anak muda, hafipzah-hafidzah cilik, mereka masing-masing didampingi oleh official. Kafilah satu dengan kafilah lain dibedakan dengan corak baju seragam, tampak anggun dan gagah dengan peci serta jilbab yang mereka kenakan.

Berdasarkan wawancara eksklusif media ini dengan Kepala Kecamatan Taliwang, Aku Nur Rahmadin, S.Pd. didapatkan beberapa capaian yang patut dibanggakan. Pertama dari jumlah peserta, peserta MTQ ke XVII lebih banyak dari tahun sebelumnya (2020, red). Jika ditahun 2020 peserta MTQ kurang dari 300 peserta maka ditahun 2021 ini peserta bertambah menjadi 343 orang dan akan mengikuti masing-masing cabang yang diperlombakan

Baca Juga  Melalui Vicon, Danrem 162/WB Terima Paparan Rencana TMMD Ke-108 Dari Dandim 1628/SB

Kedua dari cabang yang diperlombakan, semua cabang lomba yang akan diperlombakan ditingkat kabupaten akan diperlombakan di MTQ Tingkat Kecamatan kali ini. 13 cabang lomba tersebut adalah cabang tartil hingga cabang Faf’mil Qur’an.

Ketiga, Camat Taliwang memberikan apresiasi dan hadiah kepada 3 besar kafilah yang mengirimkan peserta terbanyak. Adapun 3 besar tersebut adalah kafilah dari Kelurahan Menala berjumlah 34 orang, disusul oleh kafilah dari Kelurahan Arab Kenangan berjumlah 34 orang dan kafilah Kelurahan Bugis selaku tuan rumah mengirim 33 orang peserta.

Sementara dalam sambutannya, ia secara konsisten memberikan penjelasan bahwa dirinya tetap berikhtiar membangun Kota Taliwang dengan slogan TAKOTA-nya (Taliwang Kota Tertata).

“Secara fisik Kota Taliwang telah sedikit berubah, Kota Taliwang terus dibenah dan dihias untuk memberikan kesan nyaman bagi warganya, memberikan rasa aman bagi tamunya. Tentu fisik saja tidak cukup, yang paling mendasar adalah menata hati dan perasaan. Apabila hati dan perasaan nyaman maka insyaAllah ketenangan dan kedamaian akan datang, maka inilah salah satu caranya, dengan MTQ ini kita wujudkan Taliwang Kota Tertata,” ucap Madin.

Baca Juga  Ajak Masyarakat Bersatu, Ketua Fraksi PKS KSB Nilai H. W Musyafirin Negarawan

Sebagai Kepala Kecamatan, Aku Nur Rahmadin menghimbau kepada para Lurah dan Kepala Desa yang hadir untuk terus menggalakkan tuntas baca Al-Qur’an, terus meramaikan masjid serta Ia berharap para Lurah dan Kades kreatif dan memanfaatkan media online seperti WhatsApp sebagai sarana membaca Al-Qur’an.

“Buatlah group WA untuk membaca Al-Qur’an, itu yang sedang kami jalankan saat ini, masing-masing anggota diberikan kesempatan untuk membaca 1 juz Al-Qur’an selama 3 hari dan itu terus berlanjut. Lewat media online kita dapat mendekatkan diri pada-Nya, pergunakanlah media online itu dengan sehat,” tegasnya.

Diakhir sambutannya, ia menerangkan pada para hadirin bahwa ia telah mengundang dan hadir ditengah acara MTQ tersebut para guru dan para seniornya, itu dimaksudkan untuk menghargai jasa mereka yang telah berdedikasi tinggi memberikan ilmu pada generasi saat ini. Mereka telah berjasa dalam mengarahkan dan membina generasi saat ini menjadi generasi yang berfaedah, generasi yang cerdas dan bermanfaat bagi sesama. Selain itu, Madin ingin para senior dan guru-gurunya ikut bersama masyarakat Taliwang mendengar lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Baca Juga  MTQ Ke XVII Tingkat Kecamatan Taliwang Resmi Ditutup, Camat Taliwang Sampaikan Hal ini

Kepala Kecamatan Taliwang, Aku Nur Rahmadin juga menghimbau masyarakat untuk tetap meluangkan waktu membaca Al-Qur’an, jika memang tidak ada waktu, maka setidaknya dapat datang mendengarkan alunan merdu ayat suci Al-Qur’an di MTQ Tingkat Kecamatan Taliwang ke XVII ini.

Ditempat yang berbeda, Lurah Kelurahan Bugis, Zulkifli, SE selaku tuan rumah dan ketua panitia menjelaskan bahwa dirinya dan seluruh masyarakat Bugis telah mengerjakan arena ini sejak satu bulan yang lalu. Ia bangga karena MTQ kali ini jumlah pesertanya meningkat.

Zulkifli, SE optimis bahwa kafilah dari Kelurahan Bugis akan menjadi juara umum pada MTQ Ke XVII Tingkat Kecamatan Taliwang tersebut. (cdn.wan)