Dandim Intruksikan Jajaran Tanggap dan Imbau Masyarakat KSB Waspadai Cuaca Ekstrim

Pembaca setia media CDN. Inilah salah satu berita utama dihari ini, kami ingin pastikan bahwa kita selalu menerapkan protokol kesehatan (Mencuci tangan menggunakan air mengalir, Menggunakan masker dan Menjaga jarak). Mari bersama-sama kita lawan covid-19, “Bangsa Sehat, Negara Kuat”. Salam Pimpinan redaksi CDN.

Sumbawa Barat – Intesitas hujan yang cukup tinggi sejak tengah malam sampai siang hari dihampir seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa Barat telah menyebabkan beberapa titik mengalami genangan air dan longsor, seperti ruas jalan Benete, Kecamatan Maluk serta lintas jalan raya Bertong, Kecamatan Taliwang

Baca Juga  Cegah Covid-19, Danramil Lape Lopok bersama Muspika Kecamatan Lopok bagikan Masker ke Warga

Terkait hal tersebut, Dandim 1628/SB, Letkol Czi Sunardi ST, M.IP menginstruksikan Koramil jajarannya untuk memantau, melaporkan dan turun membantu masyarakat sekitar. Seperti yang dilaksanakan Danpos Ramil Maluk, Pelda Bambang, Babinsa Benete Serda Ihwan Hadu dan Babinsa Mantun, Serda Solikhin bersama rekan dari Polsek, Kades benete, Ketua BPD, Kadus Dusun Jereweh, pak RT baru pulang melaksanakan pembersihan batu-batuan dan pasir di jalan raya jalur Benete-Jereweh akibat dampak dari terkikisnya kultur tanah oleh derasnya air dari arah gunung. Proses pembersihan tersebut dilaksanakan pada Jumat (15/01/2021), menggunakan alat manual.

Baca Juga  TMMD 108 Kodim 1628/SB Bangun Masjid Warga Batu Melik Merasa Bersyukur

Selain itu Dandim 1628/SB mengimbau kepada anggota dan keluarganya serta masyarakat agar mewaspadai cuaca yang kurang bersahabat, sehingga mengurangi resiko timbulnya korban jika terjadi bencana alam akibat tingginya intesitas hujan. “Kita tidak ingin bencana terjadi namun kita tetap mewaspadai kondisi cuaca yang ada,” jelas Dandim.

Dan ketika terjadi bencana, Lanjutnya. Diharapkan semua steakholder terkait agar terus berkoordinasi, serta siap bersinergi untuk segera tanggap memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak jika dibutuhkan ketanggap segeraan dalam melaksanakan penanganan, Harap Dandim.

Baca Juga  Geger,,,,,"Layu Sebelum Berkembang", Hidup Berakhir Dalam Perut Phiton

Dandim juga kembali mengingatkan untuk tidak menebang pohon secara liar. “Budayakan menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan saluran parit selokan yang tersumbat agar bahaya banjir dan longsor tidak terjadi saat musim hujan datang,” Tegasnya. (cdn.wan)