Disnakertrans KSB Pastikan Kepulangan PMI Aman dan Lancar

Sumbawa Barat, CDN- Dimasa pandemi Covid-19 ini, banyak Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sumbawa Barat yang telah pulang secara mandiri dari Negeri Rantauan setelah kontrak kerja dan masa izin tinggalnya berakhir.

Meski demikian, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tetap memastikan para pekerja migran yang akan pulang ke rumahnya masing-masing tersebut tetap aman dan lancar.

Prihal di atas disampaikan oleh Kepala Disnakertrans KSB, Ir. H. Muslimin HMY, M.Si melalui Kepala Bidang Pelatihan, Produktivitas dan Penempatan Tenaga Kerja (Lattas Penta). Fitra Jaya, S.St saat diwawancarai media, Rabu (6/1/2021) diruang kerjanya.

Dikatakan olehnya, sejak Januari 2020 hingga 5 Januari 2021 ini, PMI asal KSB yang telah pulang dari negeri rantauan tersebut sebanyak 270 PMI. “Kotrak kerja mereka habis, sehingga mereka pulang. Kepulangan mereka itu karena memang sudah habis masa kontrak dan bukan karena alasan Covid-19″, jelas Jerry, sapaan akrab Kabid Lattas Penta.

Baca Juga  Jama'ah Masjid Jami Nurul Falah Panjatkan Ummul Kitab Untuk Bupati KSB.

Dipastikannya kepulangan PMI aman dan lancar, kata Jerry, karena setelah tibanya PMI di Bandara Internasional Lombok (BIL), Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) serta instansi terkait melakukan pendataan dan selanjutnya dibawa menuju Asrama Haji untuk dilakukan test swab.

“Sesuai Surat Edaran (SE) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), nantinya para PMI akan di test swab, bagi yang reaktif akan di karantina sedangkan bagi yang negatif akan langsung di pulangkan ke Daerah masing-masing”, jelasnya

Baca Juga  Gaji Perangkat Desa Belum Dibayarkan, Warga Lamunga Ngamuk di Kantor Desa Batu Putih

Setelah serangkaian protokol kesehatan telah dilakukan oleh para PMI, lanjut Jerry, barulah BP2MI menginformasikan kepulangan mereka kepada Disnakertrans dan setelah itu kami lakukan penjemputan di Posko TKI yang ada di Dermaga Poto Tano.

“Tak hanya itu, di Posko TKI Pelabuhan Poto Tano juga tetap akan dilakukan pengecekan kesehatan agar kepulangan para PMI ke rumahnya masing-masing di pastikan sehat dan tidak terpapar Covid-19″, ujarnya.

Karena itu, Dirinya mengimbau dan meminta kepada keluarga PMI yang akan melakukan penjemputan, menahan diri serta bersabar dan melakukan penjemputan di Posko TKI di Pelabuhan Poto Tano setelah seluruh rangkaian protokol kesehatan telah dijalani oleh para PMI yang akan pulang ke rumah tersebut.

Baca Juga  'Bangke Asu' Ganggu Kenyamanan Pengunjung Lapak Alun-Alun

”Kami mengimbau kepada keluarga PMI yang akan menjemput, agar bersabar dan menjemput para PMI nanti setelah selesai dilakukannya protokol kesehatan. Ini kami lakukan untuk keselamatan kita semua”, pungkasnya. (cdn.wan)

error: Content is protected !!