Bupati KSB: “Berkurban, Bukti Nyata Gotong Royong Dalam Kebaikan Dan Ketaqwaan”

Taliwang, centralditanews- Bupati Sumbawa Barat, DR. Ir. H. W. Musyafirin, MM. dalam sambutannya di Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H/2020 M, mengatakan bahwa berkurban adalah bukti nyata gotong royong dalam kebaikan dan ketaqwaan.

“Ibadah kurban bukan hanya refleksi ketaqwaan pada Allah SWT, tetapi juga memberikan manfaat sosial bukti nyata gotong royong dalam kebaikan dan ketaqwaan,” ujar H. Firin.


Orang nomor satu di Sumbawa Barat ini menyerukan pada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat untuk melaksanakan kurban di lingkungan masing-masing.

“Idul Adha adalah ibadah yang disyariatkan melalui Nabi Ibrahim AS telah mengajarkan kita umat Islam untuk berkurban. Mengikis kesenjangan sosial dengan memperluas silaturrahim, mewujudkan kepedulian terhadap sesama muslim dengan membagikan daging-daging kurban khusus pada saudara kita yang fakir,” ucapnya.

Dalam sambutan tersebut, ia mengajak masyarakat KSB untuk meneladani suri tauladan tiga tokoh central dalam peristiwa ibadah kurban. Tiga tokoh tersebut adalah Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar. Ketiganya telah ihklas, jujur dan sungguh-sungguh melaksanakan perintah Allah SWT.

Perayaan Hari Raya Idul Adha kali ini berbeda dengan perayaan tahun-tahun sebelumnya, dimana tahun ini masyarakat merayakan Hari Raya Idul Adha ditengah Pandemi Covid-19. Maka lewat momentum ini, ia mengingatkan bahwa sesungguhnya umat muslim sedang diuji ketaqwaannya, keimanannya dalam menjalankan ibadah pada Allah SWT.

Baca Juga  Hasil Survey, Elektabilitas Firin-Fud Meroket

“Covid-19 adalah ujian dari Allah SWT dalam menguji keimanan kita, apakah kita masih sanggup melaksanakan salah satu syariat yang diperintahkan oleh Allah SWT. Jika di daerah lain masjid ditutup, pasar ditutup, aktivitas transportasi dibatasi serta pusat keramaian dilarang. Namun berkat pertolongan Allah SWT, hal itu tidak terjadi di KSB,” ungkap H. Firin.


Dilanjutkan olehnya, dengan menerapkan standar kesehatan, mengikuti protokol kesehatan masjid tetap dibuka, pasar tetap dibuka dan kegiatan ekonomi tetap berjalan. Hal itu bisa terwujud karena KSB memiliki instrumen yang dapat menyelesaikan segala macam persoalan yaitu Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), program ini telah dapat menghidupkan kembali nilai-nilai gotong royong. Semua unsur dilibatkan dalam program ini, Pemerintah Kabupaten, Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Swasta dan Pemerintah Desa secara gotong royong menyelesaikan semua permasalahan yang ada. Mulai dari jambanisasi, rumah rehab tidak layak huni, penangan rehab rekon pasca gempa bumi, pelaksanaan program STBM termasuk juga dalam melawan Covid-19,” beber H. Firin.


Tidak lupa ia mengingatkan masyarakat bahwa tahun 2020 ini adalah tahun politik, dimana tanggal 9 Desember 2020 hampir 270 daerah melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak. Masyarakat sipil akan dihadapkan pada pesta demokrasi, mulai dari pemilihan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota. Termasuk pemilihan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat. “Untuk itu saya menghimbau masyarakat untuk menjaga kondusifitas wilayah agar pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Tanah Pariri Lema Bariri bisa berjalan aman dan lancar, itu dimaksudkan agar menjamin iklim investasi yang berkontribusi nyata untuk kemajuan daerah,” pungkasnya

Baca Juga  Kejati NTB Apresiasi Bantuan Bupati Sumbawa Barat


Diakhir sambutannya, orang nomor satu di Kabupaten Sumbawa Barat tersebut mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1441 H/2020 M, untuk umat muslim di Kabupaten Sumbawa Barat. “Saya pribadi, keluarga dan mewakili Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah, 1441 H/2020 M. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan hidayah pada kita sekalian untuk tetap Istiqomah dalam iman dan Islam dan memberikan petunjuk serta mengharapkan campur tangan-Nya dalam ikhtiar membangun serta mensejahterakan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat,” tutup H. Firin.

Dilansir dari (Prokopim/rilis108/VII/2020). edisi Jum’at (31/07/2020), pada hari Raya Qurban tahun ini, walaupun ditengah pandemi covid 19, Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten bersama sejumlah instansi vertikal dan masyarakat mampu berkurban dengan menyembelih 432 ekor hewan kurban yang terdiri dari 281 ekor sapi, 149 ekor kambing dan 2 ekor kerbau.

Baca Juga  H. Firin : "Telaga Bertong Tidak Sesepi Dan Sesunyi Dulu"

Sebelum berita ini diturunkan, nampak masyarakat Kota Taliwang telah berdatangan kedepan lapangan Masjid Agung Darussalam sebelum Pajar menyinsing. Mereka berdatangan dengan berjalan kaki, menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat.

Lapangan nampak dipenuhi jama’ah Sholah Idul Adha, mereka masing-masing datang menggunakan masker, membawa sajadah masing-masing dari rumah dan di lapangan juga telah disediakan tempat cuci tangan oleh panitia sholat Idul Adha Kabupaten.

Sholat Idul Adha dimulai jam 07.00 Wita. Bertindak sebagai imam sholat Idul Adha, H. M. Said ismail, S.Ag dan bertugas sebagai khatib H. Yusfi Khalid. SKM. Nampak suasana khusyuk jama’ah mengikuti dan mendengarkan alunan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Imam, H. M. Said ismail, S.Ag. Jama’ah pun baru beranjak dari tempat duduknya ketika khatib selesai membacakan khutbahnya yang sangat menyentuh, tegas dan penuh penghayatan. (cdn.wan)