TMMD Ke-108, Pangdam IX Udayana Salut Dukungan Pemkab KSB

Taliwang, centralditanews- Danrem 162/WB, Brigader Jenderal Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH. M.Han dalam kunjungannya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengungkapkan perasaan dan kesannya dengan pandangan pertama berkunjung ke KSB.

“KSB sungguh indah, pantai tropical di Sekongkang sangat indah, bahkan lebih keren dengan pantai yang ada di Pulau Lombok. Saya betah dengan hidangan dan segarnya ikan sajian di Sumbawa Barat,” ungkapnya.

Danrem 162/WB, Brigader Jenderal Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH. M.Han dan Istri Disambut Oleh Bupati, Wakil Bupati KSB serta Unsur Forkopimda KSB

Dihadapan Bupati, Wakil Bupati dan Forkopimda KSB, Brigader Jenderal Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH.,M.Han menyampaikan sambutan dari pangdam IX Udayana.

Pangdam IX Udayana mengucapkan salam dan berterimakasih karena di kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di wilayah Kodim 1628/Sumbawa Barat, tepatnya di Desa Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea-KSB, Pemerintah KSB telah memberikan dukungan penuh sehingga TMMD sukses dilaksanakan.

Dandim 1628/SB, Letkol czi Eddy Oswaronto menjelaskan pada Danrem 162/WB dan Bupati Sumbawa Barat proses dan capaian yang dihasilkan dari TMMD.

TNI selalu berkomitmen untuk dekat dengan masyarakat, TMMD adalah salah satu bentuk kesetiaan TNI selalu hadir ditengah-tengah masyarakat dan memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat.

Masyarakat diharap jangat mudah terhasut, terprovokasi oleh hal-hal yang dapat merusak persatuan dan keutuhan bangsa dan negara. Budayakan etos gotong royong karena itulah nilai dan warisan yang dapat membangun bangsa ini.

Pada Danrem 162/WB dan Kodim 1628/Sumbawa Barat, Pangdam IX Udayana berpesan agar  selalu mengevaluasi secara menyeluruh untuk bahan perbaikan di TMMD yang akan datang. Jaga hubungan baik dengan masyarakat. Jaga protokol Covid-19.

Baca Juga  Bupati Usulkan Dermaga F3 Dikelola Oleh Perusda Sumbawa Barat

TMMD yang bertemakan “Pengabdian Untuk Negeri” bertujuan menumbuhkan semangat dan inovasi yang kuat dalam membangun daerah.

Masyarakat penerima manfaat TMMD diharap peduli akan hasil yang dicapai. Hasil TMMD harus dipelihara dan dirawat dengan baik sehingga manfaatnya dapat dirasakan dalam waktu yang lama. Tutup Brigader Jenderal Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH.,M.Han mengakhiri sambutan dari pangdam IX Udayana.

Setelah kegiatan penerimaan yang dirangkaikan dengan penandatanganan dan penyerahan naskah hasil TMMD ke 108 oleh Dandim 1628/SB dan Bupati Sumbawa Barat yang disaksikan oleh Danrem 162/WB usai, selanjutnya Bupati dan Danrem beserta rombongan berangkat untuk meninjau lokasi pelaksanaan TMMD.

Setibanya di lokasi TMMD, Dandim 1628/SB, Letkol czi  Eddy Oswaronto menjelaskan pada Danrem 162/WB dan Bupati Sumbawa Barat proses dan capaian yang dihasilkan dari TMMD.

Tarian Penyambutan Untuk Tamu Kehormatan Yang Disajikan Oleh Masyarakat Desa Seminar Salit

“TMMD di Desa Seminar Salit tercapai sesuai dengan jadwal dan tuntas dikerjakan 100%. Kegiatan TMMD melibatkan 150 orang personil TNI gabungan dengan personil dari Pemkab KSB dan 100 orang dari Kelompok masyarakat setempat. Beberapa kegiatan pembangunan fisik yang tuntas dilaksanakan antara lain, Pembangunan dan rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Pembangunan jalan Usaha Tani dan Gorong-gorong, Pembangunan Masjid, dan Pembangunan Talud,” bebernya.

Baca Juga  Luar Biasa,,!!! Akhir Maret Honorarium PTT KSB Dinaikkan

Dilanjutkan oleh Dandim, Selain pembangunan fisik, juga dilaksanakan kegiatan kemasyarakatan seperti sosialisasi cara membuat hand sanitizer dengan memanfaatkan tanaman lokal, penyuluhan, bantuan kesehatan, dan kegiatan lainnya untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran dan kesejahteraan masyarakat.

Atas capaian itu, Bupati Sumbawa Barat mengucapkan terimakasih yang sebebsar-besarnya pada jajaran dan personil TNI khususnya pada Danrem 162/WB. Brigader Jenderal Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH. M. Han dan Dandim 1628/Sumbawa Barat selaku Dansatgas TMMD. Letkol czi  Eddy Oswaronto. Bupati meyakini jika TNI yang turun semua permasalahan pasti akan sukses.

“Masyarakat sangat segan pada TNI, tidak heran jika Pemkab KSB bekerjasama dengan TNI dalam satu kegiatan dipastikan kegiatan tersebut berlangsung dengan aman, tidak ada gejolak dan sukses. Contohnya di kegiatan TMMD ke-108 ini, masyarakat Desa Seminar Salit mengungkapkan rasa syukurnya dengan menyembelih daging kuda. Itu artinya mereka puas atas kinerja TNI,” ucap orang nomor satu dihadapan awak media.

Saya terinspirasi dengan TMMD ini, lanjutnya. Jika bapak-bapak pernah mendengar Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) di KSB, itu sejujurnya saya terinspirasi dengan program TMMD ini. Semua elemen dilibatkan dalam program PDPGR tersebut. Dengan gotong royong insyaAllah hambatan dan kesulitan akan teratasi.

Bupati dihadapan Danrem 162/WB juga memaparkan dan menginformasikan bahwa di bulan Oktober 2020, Pemkab KSB akan melakukan kerjasama serupa dengan TNI, “kami akan melakukan kerjasama dengan TNI untuk menyelesaikan permasalahan drainase dalam kota. Saya berfikir bahwa apabila menggunakan alat berat maka akan merusak jalan-jalan yang sudah dibangun. Untuk itu diperlukan sentuhan tangan manusia dan sentuhan gotong royong antara TNI, masyarakat dan Pemkab KSB,” tutup H. Firin.

Baca Juga  Bupati KSB Sikapi Sorotan F-PDI Perjuangan Tentang Pengangguran

Kegiatan penutupan TMMD ke-108 di wilayah Kodim 1628/Sumbawa Barat dengan “TMMD Pengabdian Untuk Negeri” berlangsung aman dan lancar. Masyarakat Desa Seminar Salit sangat bersyukur dengan kegiatan tersebut. Pesan dari Pangdam IX Udayana yang disampaikan oleh Danrem 162/WB. Brigader Jenderal Ahmad Rizal Ramdani, S.Sos, SH. M. Han akan dilaksanakan dan dijaga.

Melalui Kepala Desanya, masyarakat Desa Seminar Salit khususnya penduduk wilayah Batu Melik berterimakasih karena dapat beribadah dengan tenang di Masjid yang telah dibangun. Akses jalan untuk memudahkan petani mengolah dan menjual hasil panennya juga telah dibangun. Pun dengan gorong-gotong dan talut yang telah selesai 100 persen. (cdn.wan)